Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Profil Nancy K. Florida

Nancy K. Florida

Nancy K. Florida adalah seorang ahli yang diakui dalam bahasa dan budaya Indonesia, khususnya dalam naskah-naskah Jawa. 

sebagai profesor emerita di Bidang Bahasa dan Budaya Asia di University of Michigan membuktikan keahliannya dalam mengajar sejarah, sastra, dan pertunjukan Indonesia. 

Ia meraih gelar Ph.D. dari Cornell University dan gelar BA dalam filsafat dari Connecticut College.

Ketokohan Nancy K. Florida terutama berawal dari karya inovatifnya dalam mendokumentasikan dan menganalisis naskah-naskah Jawa yang tersimpan di empat tempat istimewa di Surakarta, Jawa Tengah, yaitu Kraton Surakarta, Pura Mangkunagaran, Museum Radya Pustaka, dan Perpustakaan Hardjonagaran. 

Ia mengabdikan waktu bertahun-tahun untuk mengkatalog dan mempelajari sekitar 700.000 halaman naskah, beberapa di antaranya dalam kondisi rusak dan sulit dibaca. 

Hasil penelitiannya kemudian diterbitkan dalam tiga volume Javanese Literature in Surakarta Manuscripts oleh Cornell University SEAP Publications antara tahun 1993 dan 2012.

Minat Nancy K. Florida terhadap budaya Jawa dimulai pada tahun 1970 ketika ia mempelajari musik gamelan di Wesleyan University. 

Ia tidak hanya menguasai bahasa Jawa dengan fasih, termasuk penggunaan bahasa halus (kromo), tetapi juga mengembangkan pendekatan dialogis dalam berinteraksi dengan subjek Indonesia, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, melalui tulisan-tulisan mereka. 

Buku pertamanya, Writing the Past, Inscribing the Future: History as Prophecy in Colonial Java (Duke University Press, 1995), merupakan sebuah kajian mendalam tentang sejarah Jawa pada abad ke-16 yang mempengaruhi Islamisasi, yang ditulis oleh seorang pengasingan kerajaan pada abad ke-19.

Selain itu, Nancy K. Florida juga telah menulis beberapa artikel mengenai berbagai topik terkait naskah-naskah Jawa dan Indonesia pascakolonial. 

Beberapa proyek yang sedang dan akan datang termasuk studi tentang tarekat sufisme Syattariyah di istana Surakarta pada abad ke-19, eksplorasi metafisika perwujudan manusia dalam sebuah puisi sufisme Jawa yang ditulis di Aceh oleh seorang penyair istana Surakarta, terjemahan dan analisis karya satir The Master of All Perils oleh penyair "klasik" paling terkenal Jawa (Ronggawarsita), pertimbangan penyair klasik yang sama dalam menghadapi modernitas, serta terjemahan kritis lirik-lirik lagu sakral bedhayan dari istana Surakarta.

Pengabdian Nancy K. Florida dalam bidang studi Indonesia telah dihargai dengan beberapa penghargaan. Ia diberi gelar kebangsawanan oleh istana Surakarta dengan gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung (KMAT) Budayaningtyas. 

Ia juga meraih Fulbright-Hays Fellowship, National Endowment for the Humanities Fellowship, dan Guggenheim Fellowship sebagai penghargaan atas kontribusinya yang berharga.

Posting Komentar untuk "Profil Nancy K. Florida"