Meme Sejarah sebagai Media Alternatif Pembelajaran Sejarah

Kuno, membosankan, dan banyak hapalan, itulah beberapa sentimen terhadap pelajaran sejarah yang dilontarkan para pelajar. Kebanyakan mereka menganggap pelajaran sejarah itu tidak menyenangkan, pelajarannya membosankan, dan dituntut untuk selalu menghafal setiap materi sejarah yang diajarkan. Bisa Anda buktikan sendiri di sekolah-sekolah, berapa siswa yang sangat menyukai pelajaran sejarah, mungkin hanya satu dua.

Mengapa kita perlu belajar sejarah? Bung Karno bapak pendiri bangsa ini memopulerkan istilah “Jas Merah, Jangan Sekali Kali Melupakan Sejarah”. Indonesia sebagai bangsa yang besar harus mengingat sejarah perjuangan bangsa ketika para pejuang rela mengorbankan jiwa dan raga merebut kemerdekaan dari kaum penjajah. Lalu apa jadinya apabila generasi bangsa ini sudah melupakan sejarah bangsanya sendiri pada khususnya? Yang terjadi bangsa ini kehilangan arah, kehilangan jati diri, dan nasionalisme yang memudar.

Maka dari itu pelajaran sejarah amatlah penting dalam mewujudkan generasi muda yang memiliki jati diri. Selain itu sengan pemahaman akan sejarah maka tumbuhlah kemampuan untuk berpikir kritis mengenai peristiwa masa lampau, agar pelajaran dari peristiwa masa lampu dapat diterapkan di masa sekarang.

Kembali ke pikiran pokok terkait pembelajaran sejarah yang membosankan baik di lingkungan akademik maupun umum. Menurut saya hal yang membuat bosan pelajaran sejarah adalah pembelajaranya yang selalu menuntut hapalan.

Sebetulnya guru-guru sudah sudah menawarkan dan menerapkan berbagai media alternatif pembelajaran sejarah, seperti film, video, infografis, dan sebagainya, tetapi saya rasa media tersebut belum efektif dan lagi-lagi terkesan membosankan karena dibalut materi sejarah.

Oleh karena itu dalam tulisan ini saya akan membahas mengenai media alternatif pembelajaran sejarah yang menurut saya lebih menyenangkan dan menghibur yakni menggunakan media meme.

Baca Juga  Islam Masuk ke Nusantara pada Abad ke-7 atau ke-13 Masehi?

Dilansir dari Thidiweb.com, meme adalah suatu ungkapan emosi (senang, sedih, marah), bisa juga suatu maksud, diungkapkan berbentuk tulisan. Berkembangnya teknologi meme hadri dalam bentuk media visual. Asal usulnya penyebutan meme diperkenalkan oleh peneliti etologi asal Inggris bernama Clinton Richard Dawkins dalam bukunya The Selfish Gene yang ia sadur dari bahasa Yunani ‘mimeme’ yang berarti menyerupai atau menirukan.

Seiring dengan perkembangan jaman meme hadir dalam balutan jokes yang tujuanya ialah sebagai hiburan. Lambat laun meme mulai digemari oleh khalayak karena perkembangan internet yang semakin maju.

Di dunia maya sendiri ada situs yang menampung konten meme yang sangat terkenal yakni 9gag.com kemudian disusul situs meme di dalam negeri yakni 1cak.com. Kedua situs tersebut yang memperkenalkan saya kepada meme aliran baru yakni history meme atau meme sejarah. Pertama kali saya menemukan Meme Sejarah saya langsung menyukainya dan saya tidak mengira bahwasanya materi sejarah bisa jadi menyenagkan dan menghibur. Tidak hanya menjadi penghibur saja dalam postingan Meme tersebut terdapat komen-komen yang berujung kepada diskusi terkait materi sejarah yang sedang disampaikan dalam Meme tersebut.

Langsung terbesit di pikiran saya mungkin history meme ini bisa jadi media alternatif pembelajaran sejarah yang lebih menyenangkan dan menghibur. Kadang apabila saya menemukan Meme yang mengandung materi sejarah saya langsung mencari materi terkait peristiwa sejarah yang disampaikan dalam Meme tersebut. Meme Sejarah menjadi pancingan saya sendiri untuk membaca lagi materi sejarah.

Berikut ini beberapa contoh meme sejarah:

Sayangnya Meme bergenre sejarah ini kebanyakan belum dapat diterima oleh akademisi khusunya. Meme dianggap sebagai sesuatu hal bercandaan dan kadang substansi materi yang terkandung dibuat jokes yang menyinggung.

Baca Juga  Sebuah Bangsa yang Menolak Warisannya

Tetapi sebaliknya, saya anggap meme sejarah ini sebagai media alternatif pembelajaran sejarah, karena kontennya yang edukatif, walaupun kadang berbalut jokes namun meme sejarah merupakan media pembelajaran yang anti-mainstream dan dewasa ini menjadi populer. Mungkin meme sejarah dapat digunakan sebagai rehat ketika pembelajaran berlangsung dan sebagai solusi mengatsi kebosanan para peserta didik yang masih sesuai dengan konteks pembelajaran.

*Tulisan ini merupakan opini pribadi penulis.